Tuesday, November 1, 2011

Tes Psikotest

Tengs a lot October. Untuk liburan yang menyenangkan. untuk mempertemukan aku kembali dengan orang tuaku. selama 4 bulan berturut turut ketemu beliau. Akhir Juli (Puasa pertama di Batam), Akhir Agustus (lebaran), Akhir September (Wisuda) dan Akhir Oktober (liburan). :-)

Welcome November! November kudu ceria kudu ceria. ;-) ini bulan 'saya'. ahhaa.

sebelum sharing tentang liburan seru saya selama 3 hari 3 malem di Bali, kali ini mau sharing tentang Tes Psikotes ala TransCorp.

27 Oktober 2011, aku menyempatkan diri berbelanja sepatu. dan ketika liat handphone ada mention d twitter dari dinda yang isinya, congrat @Londho05 dan @niadita06. yap, hari itu adalah pengumuman hasil psikotest transCorp. dan dinda tersisih :'(

selama ini, aku selalu menganggap simple psikotest, aku selalu merasa bahwa, yaa psikotest ini, cuma penilaian terhadap diri kita. kepribadian kita. tapi kali kemarin, ada tambahn ilmu nya dikit. psikotest itu ternyata ada tes intelegenci nya juga. nah, test bagian yang ini yang bikin aku engap engap dan hilang kepercaya diri an.

contoh nya gini :
Sila lebih tinggi dari Indri. Indri lebih pendek dari Chika. Siapa yang paling tinggi?
Dira lebih baik dari Doni, Doni lebih baik dari Joko. Siapa yang paling baik?

keliatannya simple, tapi mengerjakan soal di atas sebanyak 60 soal dengan waktu CUMA 3 menit. akkaka. awkward banget deh yes. mana aku loadingnya luamaa nya ampun. 1 soal itu aku bisa baca sampe 3x saking ga mudengnya.

soal selanjutnya :
3 - 7 - 4
kita menentukan cara terpanjang dari deret di atas, dari nilai mediannya. jadi kalo soal di atas, urutannya jadi 3 - 4 , 7. nah jarak terpanjang dari 4 adalah : 7. Deret yang diberikan acak, jadi pertamanya kita mengurutkannya terlebih dahulu. soalnya ada 60 dengan waktu 4 menit. krik krik krik..

terakhir :
kalo tadi urutan angka, sekarang urutan huruf. untungnya, tak perlu di urutkan dulu karena deretnya sudah urut. jadi tugas kita hanya menghitung jarak terjauh huruf dari tengah.

a - e - z
nah, jarak terpanjang ada di Z. karena masih ga hapal a-z, selama pengerjaan aku masih saja menghitung huruf di tengah keheningan kelas. ahhaa.

baru ngeh, tes psikotest yang seperti itu. :-D dan setelah pesimis akut dan krisis percaya diri stadium akhir, aku masih dinyatakan lolos. bersama menkes :)

lulus tpu kemarin itu = pinter. lulus psikotes ini = jenius. akka. :D
semoga kedepannya dimudahkan selalu yaaa ^^ :)

No comments: