Monday, July 13, 2009

Kemah Juara 2009 seruu ! New Experiencee .


Alhamdulillahhi Rabbil Alamin . Telah selesai satu amanat yang telah gue lakuin 3 hari belakangan ini . Jadi ceritanya, tanggal 10-12 Juli 2009 , gue ikut andil dalam kemah juara yang diadain sama Rumah Zakat Indonesia Cabang Batam yang 2 tahun lalu gue perna ikutan acara yang sama juga .


Jum’at , 10 Juli 2009

08.00 am

Gue siapsiap . packing packing . dan berangkatt dari ruma . janjian sama sobat lama gue di halte busway depan perumahan gue .

09.00 am – 02.00 pm

Nyampe di Lapangan Engku Putri . Registrasi panitia peserta . Acara pembukaan di gedung walikota Batam .


02.00 ‘till sleep .

Gue yang katanya untuk sementara di amanahkan untuk jadi mentor (padahal, jelas jelas nama gue tercantum di PANITIA bagian KONSUMSI) akhirnya menjadi ibu asuh untuk anakanak dari daerah Batu Ampar . Ssst , gue aja gaa tau tu dimana letak Batu Ampar . Mayoritas anak SMP, terselip seorang anak SD kelas 4 bernama Putri . yak, dialah peserta termuda di kelompokku .


Kita baru berangkat jam setengah 3an . nyampe sekitaran jam 4an. Si Putri kecil itu turunturun dari mobil langsung menghampiri gue, “kak, mau muntah” mampuss ! baru nyampe. Gue tanganinn dengan bakat ke PMR an gue . hhee ..


Setelah itu mereka mendirikan tenda dan bersiap siap untuk sholat ashar . Agenda dilanjutkan dengan mandi . For your information, kamar mandi di bumi perkemahan ini terdapat 1 buah bak mandi yang sangat besar, sebagai tempat penampungan air yang utama .


Ketika panitia yang akhwat nya pada mau mandi , badnews dari seorang peserta .

“Kak, tadi anak anak cowok berenang di dalam bak besar itu”

Busyet dah . mereka pikir itu kolam renang . Alhasil itu air sudah tidak steril lagi . ga bias di pake kami mandi plus wudhu .

Alhamdulillah nyaa, disana terdapat satu gedung yang bias kita pake juga buat mandi , wudhu dan sholat . akhirnya kita yang akhwat pada kesitu . mandi mandi solat dan siapsiap makan malam .

Komentar pertama setelah makanan gue transfer ke tenda anak asuh gue adalahh “Yahh, Nasi Bungkuss”. Beberapa menit kemudian, di lanjutkan dengan komentar lainnya, “Yahh, Cuma sama telorr” Gedubrak ! Gedubrakk ! deee..

Gue hanya bisa bilang , “Gpp atuh yak . Mari kita makan . Tadi katanya pada laper” gue kan mentor yang baik .

Acara malem ini, atraksi yelyel dan materi dengan tema ‘who am i?!”


Yelyel yang menyita perhatian pada malem ini adalahhh ..

Pemimpin kelompok : “Apa kabar bengkongg?!”

Anak Buahnya :“tetep asikk ! AHAA !”

Pemimpin kelompok : “cikudap cikudap”

Anak Buahnya : “Yo Yo”

Pemimpin kelompok : “cikudap cikudap”

Anak Buahnya : “Yo Yo”


Dan materi di akhiri dengan muhasabah yang ngebuat anakanak asuh rumah zakat cabang batam menangis tersedu sedu . sempetsempet nyaa donggg , ada peserta ihkwan yang tidur dengan sangat pulas nya di saat teman teman sekitarnya menangis . hadohhhh ..


Sabtu , 11 Juli 2009


03.00 am

Dengan berat hati sekali gue bangun sedini itu secara kita baru tidur jam 12an . Berjalan lunglai dari tenda panitia ke tenda anak asuhku untuk membangunkan mereka buat solat tahajud . Menemani mereka berwudhu dan solat tahajud 12 rakaat .

B’da solat shubuh mata gue ini sulit sekali untuk di ajak kompromi. Alhasil ketika para peserta di wajibkan untuk mengikuti kegiatan kultum , gue dengan cekatan mencari tenda yang kosong dan rapi untuk gue tidurin . hhayy . walo hanya bias tidur selama sepulu menitan . Alhamdulillahh .


Gue menemani peserta senam pagi dengan semangat . sumpah ! Gue kangen masa masa kaya gini . hee . lebai !~

Selanjutnya untuk sarapan pagi , masing masing kelompok harus masak untuk kelompok mereka sendiri . dan kalian tau gue ngapain ?! gue cuci piring ! seabrek abrek . barengan anak konsumsi lainnya , pada motongin bawang , metikin sayur . hhaa. Ketawan deh yang akhwatnya jarang masak . hhee..


Makanan panitia dimasakin oleh seorang mentor dari satu wilayah . lupa gue wilayahnya. Yang pasti ni bapak nampak nampaknya orang Jawa . Mie yang digoreng itu uda lumayan hitam oleh kecap . si bapak dengan polosny masih bilang “kurang maniis” semenjak saat itu, kami memanggilnya ‘si Bapak kurang kecap’ hhe. Astaghfirullah . dosanyaa gue !


Siangnya gue makan nasi + ayam balado + sayur bayam . hm, walopun makannya baru jam 3 menjelang jam 4 , berusahaa gue nikmati ajaa . walopunn sebenernya uda nyeri nyeri gtu perut ini .

Peserta Outbond Outbond an jam 4an sampe maghrib . gue sempet nakut nakutin gtu . hhe. Jail gue keluar d . lumayan iseng iseng ngejailin anak orang .


INILAH PUNCAK ACARA KEMAH JUARA 2009 !!


06.00 pm – 11.00 pm

Peserta kemah juara di kasih bahan makanan berupa kangkung, tempe dan sarden . Setelah berwudhu buat solat maghrib gue nyempetin diri untuk ke tenda anak asuh gue , di sana , adekadek gue baru saja mengangkat tempe yang baru di goreng . gue pengen icip banget tu tempe, perkara gue masih punya wudhu . niat gue urungkan .

Trus, gue memasak kangkung . secara gue sering bantuin nyokap masak kangkung . lagi nikmat nikmatnya gue memasak , adzan berkumandang . pas gue jalan ke lapangan buat solat , awan itu mendungg banget . dan gue sangat takut dengan mendung . 10 menit sebelumnya, nyokap gue sempet nelepon buat memastikan keadaan di bumi perkemahan.


Guepun solat berjamaah . dan gue solat ditemani dengan petir petir . solat gue mulai ga focus . gue takut kesamber petir . sangat tidak lucu sekali .


Itungan detik dari gue baca salam , hujan deras . angin kencang . dan gue langsung lari ke tenda pleton panitia . panitia cowok sibuk nutupin tenda pleton , gue juga soksok ngebantuin wallow sebenernya gue ketakutan mampus .


Anginnya makin kencang . sempetsempetnya mengunyah tempe dari tenda dapur yang baru aja di angkat . hhe . tetep aja gue ngidam tempe kelompok gue . Perlahan air mulai masuk ke tenda . gue mulei ngegendong tas . kaki mulai tergenang . lampu dimatikan untuk keamanan listrik . dan gue semakin degdeg an .

Akhirnya, gue di evakuasi ke gedung utama . waktu itu kita naik mobil avanza which is dia adalah pengunjung . daan pas gue naik, ternyata di dalemnya adekk kelas guee ! ~

Dunia emang sempit .


Sampai di Gedung, hujan uda lumayan mendingan , peserta pada kelaparan . gue juga . ga ada yang bisa dilakuin selain solat isya dan tidur . gue pun ikutan tidur .


Makan malamm baru selesai jam 10 malem . yuukk !~ dan gue di bangunin di saat gue baru saja nyaris nyenyak . menghilangkan selera makan gue . akhirnya gue sepiring berdua saja dengan kaa utie sekaligus menutup malem ini di bumi perkemahan .


Minggu, 12 Juli 2009


03.49 am till end

Gue bangun telat . harusnya jam 3 uda standby untuk solat tahajud . gue ngebangunin adek adek gue untuk berwudhu . dan gue melanjutkan tidur di samping WC . yukk!~

Kali ini b’da shubuh gue ga bias curicuri waktu lagi buat tidur . gue musti mendampingi para peserta senam pagi . lari lari . menghirup udara pagi . lagilagi gue ngerasa kangen dengan hal hal yang kaya gini .


Panitia masak untuk para peserta , sementara para peserta membenahi tendanya yang cukup ancur . gue sempet keliling melihat kondisi tenda . sangat memprihatinkan . ada yang sarden nya dalam keadaan tumpah di dalam tenda . ada yang kangkung nya di penuhi air karena kena ujan (punya kelompok gue ni) . lalat dimana mana . dan gue ngerasa , sangat mubazir .


Akhirnya kita sarapan pagi dengan nasi goreng, telur dan kerupuk . lumayan rada enak dan membuat gue cukup selera untuk memakannya , tapiiii anda tahu . nasinya kurang . which is gue musti makan sepiring berdua (lagi!) . sedih niaan .


Fisik yang tak memungkinkan dan asupan yang tidak terkondisikan, gue disuru Bantu Bantu konsumsi lagi . kali ini motong bawang . motong kangkung (dalam keadaan darurat, kangkung tak lagi di petik . tapi di potongg !) . dan cuci piringg !

Yukk yak yukkk . pegel pegel dah badann ..


Untuk alas an tertentu . gue memilih untuk tidak makan siang hari ini . berharap, cepet pulang dan makan masakan mama sepuasnyaa . tapi nasib tak sedang berpihak padaku . upacara penutupan . kreasi seni . mandi dan nyapu ngepel satu gedung , bikin gue baru pulang jam 7 malem sampe rumah . pertama yang dii cari, makanan dan air buat mandi .


Hmphh. Overall , gue cukup senengg . cukup menikmati . seperti 2 taun yang lalu , ketika gue ikut kemah juara 2 , 2007 .

Yang pasti, gue pengen ikutan kemah juara teruss . Taun depan , pengennya ikutan yang di bandung . aminn .


Isnia nuruldita

Melaporkan dari KANDATEL Telkom

Senin 13Juli2009 , 15.30pm.

No comments: