Saturday, December 24, 2011

Manusia Setengah Salmon

Akhir bulan November, saya di ganggu dengan pertanyaan HRD untuk kepastian kontrak di Kantor yang sekarang. Saya di tawari untuk menjadi Permanent Employee setelah 18 bulan menjadi Staff Biasa Karyawan Kontrak. :D

Saya sukses menggalau nyaris sebulan. Banyak pertimbangan yang saya pikirkan. Kantor ini terkadang membuat sangat nyaman berada didalamnya. Dengan kehebohan karyawan karyawannya yang mayoritas seumuran saya. Dengan tugasnya saya keluar kota. tapi disisi lain, di tempat ini saya sering mengeluarkan keluhan keluhan yang mungkin seharusnya tak ada, di tempat ini pernah saya sampai harus menangis, harus merasakan peluh dan tak pernah terbayar. :|

Diluar itu semua, tahun 2011 ini adalah tahun pencapaian saya. Dikesemua pencapaian itu, ga lepas dari kerjaan saya sekarang. Itu ngebuat saya ngerasa, saya harus bikin resolusi baru lagi di 2012 dengan kerjaan, teman dan lingkungan baru. Untuk itu, di awal Desember saya lumayan niat untuk bolak balik nyari kerjaan pengganti. Banyak panggilan, beberapa gagal dan sempat membuat saya menangis. Datang ke Jakarta sendirian naik travel paling murah, nenteng nenteng CV, patokan saya shuttle busway. Jalan sendirian, muter muterin Jakarta sendirian. Interview dan di test. Pulang dari situ, nyari travel di pool yang sama, kehabisaan kursi. dan harus menunggu keberangkatan satu jam kemudian. Di jam tersebut, bertepatan dengan padat nya lalin jakarta yang baru pada pulang kerja. Pantat kram. Mobil stuck ga bergerak. pelan, air mata saya jatuh. segininya kah saya harus nyari kerja?

Saya sempat jera, dan akhirnya (mungkin) saya akan menjawab "Iya" untuk meneruskan kerja di kantor ini. Allah masih terus menguji, 2 hari kemudian, saya diminta interview di sebuah perusahaan di bilangan Jakarta pusat. Dalam rangka ikhtiar, saya hadiri kembali. saya kembali down. saya kembali tak percaya diri. Pulang dari interview itu, saya kembali di uji, All travel kembali ke Bandung full booked. Naik kereta api, tinggal yang ekse itupun yang paling akhir. Akhirnya saya menginap di rumah saudara teman, dibilangan duren sawit.

Senin pagi, ketika bersiap ke kantor, saya menyiapkan Jawaban untuk HRD, bahwa mungkin saya akan menjawab "Iya" kalau di tagih hari ini. Nyampe kantor, hal pertama yang kami bicarakan adalah keberadaan HRD, salah satu karyawan nyeletuk, "Beliau ga masuk. kan sedang sakit". sontak, (maafkan kami) saya dan salah satu rekan lainnya teriak sepenuh hati, "Yes!" paling tidak, kami masih punya waktu berpikir satu hari. :-D

Di hari selasa, saya kembali menyiapkan mental untuk kembali menjawab "Iya". Dan hal pertama yang saya lihat ketika nyampe di kantor adalah, list gtalk sang HRD, dan Offline. Kembali saya bersyukur dalam hati.

Pagi menjelang siang, saya mendapati telepon dan dinyatakan lulus untuk kerja di Jakarta. Oh yeah, Allah mendengar doa saya. Allah mengatur nya sedemikian rupa. Allah membuat saya yakin harus menjawab apa ketika di tanya nanti. Of course, saya bakal jawab "Engga" :D

Finally, saya benar benar akan ada di kota baru di tahun yang baru dengan teman yang baru. seperti impian saya ^^

Kalau pindah diindetikan dengan kepergian, maka kesedihan menjadi sesuatu yang mengikutinya. kita sering berpikir ini adalah perpisahan sehingga merasa sedih melepas hal hal yang di akrabi, hal hal yang selama ini membuat kita senang dan nyaman. akhirnya, melakukan perpindahan ketempat baru membuat kita dihantui rasa cemas. apakah akan sama enaknya? apakah akan sama menyenangkan? apakah akan lebih baik?

Padahal, untuk melakukan pencapaian lebih, kita tak bisa hanya bertahan di tempat yang sama. Tidak ada kehidupan lebih baik yang bisa di dapatkan tanpa melakukan perpindahan. mau tak mau, kita harus seperti ikan salmon. Tidak takut pindah dan berani berjuang untuk mewujudkan harapannya. Bahkan, rela mati di tengah jalan demi mendapatkan apa yang diinginkannya.- Radityadika - Manusia Setengah Salmon

Ada benarnya, saya bakal mulai untuk seperti Ikan Salmon. Berani pindah. Siap meninggalkan apa yang ada sekarang. Demi resolusi2 lain yang akan saya capai di 2012. :-)







No comments: