Wednesday, November 7, 2012

Sehari ubek ubek Semarang!

Pulang kantor jam 8 Malem, berburu Damri yang masih available ke Bandara Soetta. Seumur hidup baru tahu kalo di dalam Bandara itu ada angkotnya. :))) Nginep di Kostan Mba fifi, temen trip pas ke Karimun Jawa. Bebersih jam 4 Pagi, dan cus ngojek ke Terminal 3 shubuh harinya.

Baru baca baca majalah sebentar, tiba tiba uda ada pengumuman aja, pesawat akan segera mendarat. 50 menit! Jakarta - Semarang. langsung kebayang naik Bus Jakarta - Semarang, dari jam 5 sore ke jam 5 shubuh :)))

Hallo Semarang! 

Kenapa semarang? karena ga kesampaian maen pas lagi ke Solo! Damn! Magnet pengen maen ke sini, gede aja gitu. Makanya sampe gaya gitu, pake pesawat nge trip nya :D oke, bocoran tiketnya, air asia Jakarta - semarang Rp. 150.000,- Boarding Pass Rp. 40.000,- Damri Bandara Rp. 20.000,- Ojek Bandara Rp. 15.000,-

 
 
 
 
 


Friend a long the way

Trip seharian ini akan ditemani oleh, Adi Syafutra. Jadi dulu, kita bareng bareng berdiam dan mengabdikan diri di ROHIS Smansa. Pada masa itu, aku menjadi Ketua Akhwat, dan Adi adalah sebagai Ketua Ikhwan nya. Kita berdua berkolaborasi di bawah Ketua Umum, Ibig :D

Adi dateng sekitar sejam setelah saya landing. Menemui saya di Gate kedatangan, dan kita langsung cus ke bengkel. hahaha. Motornya Adi mau di benerin dulu. Sekalian nyari nyari sarapan.

Ketua Ikhwan versus Ketua Akhwat
Ditempat Sarapan, seperti halnya trip Solo. Saya menunjukkan Peta Semarang ke Adi. "Aku, mau ke tempat tempat ini ya, tapi aku ga tahu jalan"


Klenteng Sam Poo Kong 

Tempat pertama yang kita tuju adalah Klenteng Sam Po Kong, yang karena menurut saya susah hapalnya, saya sapa saja dengan klenteng Tong Fang. :P

Kalo diliat liat ini tuh, kaya tempat ibadah gitu, tapi dijadiin tempat Wisata Religi. Biaya masuknya berdua Rp. 7.000,- plus ongkos parkir motor.

 
 
 

 
Letaknya di daerah Gunung Batu, Semarang. Karena di sana ga ada guidenya, akhirnya saya coba googling ya tentang tempat ini.

Disebut Gunung Batu karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu., orang Indonesia keturunan cina menganggap bangunan itu adalah sebuah kelenteng - mengingat bentuknya berarsitektur cina sehingga mirip sebuah kelenteng. Sekarang tempat tersebut dijadikan tempat peringatan dan tempat pemujaan atau bersembahyang serta tempat untuk berziarah. Untuk keperluan tersebut, di dalam gua batu itu diletakan sebuah altar, serta patung-patung Sam Po Tay Djien. Padahal laksamana cheng ho adalah seorang muslim, tetapi oleh mereka di anggap dewa. Hal ini dapat dimeklumi mengingat agama Kong Hu Cu atau Tau menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepada mereka.
Museum Mandala Bhakti Semarang

Dari daerah gunung Batu klenteng Tong Fang, kami beralih kembali ke daerah Simpang Lima dimana terdapat Museum besar bernama Museum Mandala Bhakti Semarang.

Cukup sadar diri karena weekday, museum ini cuma ada saya, Adi serta bapak penjaga. horor nya berasa. :))))) Ngambil Gambar juga ga berani banyak banyak. Hawa nya ga enak :D Eh iya, memasuki museum ini, GRATIS! :D

 
 
 

Me : "Itu apa di? Bangunannya bagus. Mesjid yah?" | Adi : "Itu Lawang Sewu umik. yuk kita kesana!"
Lawang Sewu

Taraaa! ini dia icon kota Semarang. Katanya sih ga sah kalo ke Semarang ga ke Lawang sewu, bahkan si Adi konon 3 tahun di sini belom pernah masuk ke situ juga. hahah. Jom kita ke sana.

Biaya parkir Rp. 2.000,- dengan Tiket masuk Rp. 10.000,-/orang dan Upah guide Rp. 30.000,- Iyah, mahal ya :(

Ditemani sama seorang mas mas lupa namanya, ia menjelaskan sejarah gedung Lawang Sewu ini, Lawang sewu yang diotak saya berbau mistis. ternyata adalah tempat Syutingnya Ayat ayat cinta. Nyaris 80% nya. #barutahu. #ketinggalanInfo #biarin.

 
 
 
ini nih, asal usul nama Lawang Sewu = Seribu Pintu
Kita berjalan jalan mengitari lantai demi lantai. Selanjutnya, menjelajah ke arah bawah tanah. Untuk wisata bawah tanah ini, kita kembali di kenakan Biaya :| Rp. 10.000,- per orang plus Rp. 20.000,- guide nya. yakali sekalian nanggung, masa ga nyicipin Bawah tanahnya.

Daerah bawah, seperti banjir gitu, ngebuat kita kudu make sepatu Boot ini. Biar ga basah.


Ini dia! dengan bangga, mas mas guide ngasih tahu tempat Uji Nyali yang ada penampakannya.

Masnyah : "Duduk disitu mba. pura puranya jadi peserta Uji Nyali" | saya : "Saya ga mau sendiri!"
Uji Nyali belduaa juga masih mikir :))))
Kita mengitari ruang bawah tanah ini cukup lama. Dengan genangan air yang ga menentu. Ada ruangan ruangan penjara jongkok, penjara berdiri dan tempat pemenggalan kepala. Penjara Jongkok dimana bentuknya kayak bak mandi sepaha orang dewasa. Satu bak mandi itu di masukin sampe 4 orang jongkok dan ada airnya seleher serta atasnya di tutupin pake jeruji besi. Oke, jepang membunuh rakyat Indo pelan pelan :( Begitu juga dengan penjara berdiri. satu sekat untuk pose berdiri di huni oleh lebih dari 5 orang, dan ditutup dengan Jeruji besi pula. Jepang Jahat!

Ada sekitar 9 ruangan yg berfungsi sebagai penjara Jongkok dan 9 ruangan pula, sebagai ruangan pemenggalan kepala. Untuk ruang pemenggalan kepala, telah ditutup 8 ruangan. Hanya disisakan 1 ruangan untuk dilihat. Percaya ga percaya, di ke 8 Ruangan itu, di hari hari tertentu suka tercium bau aneh aneh. Kaya bau amis darah gitu. Untungnya udah di tutup. Untung. Untung.. hii.. serem

Hanya sekali pernah ada Uji Nyali. Selanjutnya, uda ga dibolehin lagi. Image Lawang Sewu jadi ga enak. Bawaannya Horor. :D

Puas muterin Lawang Sewu, kita berburu tiket pulang dulu ke Stasiun Tawang. Setelah menimbang dan berpikir. Aku memilih KA Eksekutif Rp. 240.000,- :D Mau tidur nyenyak soalnya.

Mesjid Agung Jawa Tengah

Tiket di tangan, Makanan sudah masuk ke Perut. Mari kita Solat sekalian poto poto lagi di.. Mesjid Agung! Cus..

Huwaaahh, mesjidnya gedeee. saya pernah beberapa kali liat mesjid ini di Majalah majalah. Sementara Adi Sholat. Saya cuci muka yang uda kucel and the kumel sertaaa mau motret sanah sini. 

 
Pilar Pilar yang konon katanya mengembang kalo hujan Turun.
 
 
 

 
 


 
 

 
 
uda kek Bolang belom, gayanya? :D
Pantai Marina, Semarang


Dari mesjid Agung Jawa Tengah ke Pantai Marina itu, ibarat dari Ujung ke Ujung. dan di hantam Adi, daripada kami harus masuk ke Mall saking ga tau lagi mau kemana :D

Jejejengggg! Tempatnya kaya Ancol. *menahan tawa* Jadilah kami duduk menghadap laut bercerita tentang ilmu hidup, ilmu politik, tentang cinta #eeeaaa. saking berat obrolan, sampe males saya motret motret.

 
 
 
 
 
 
 

Kuliner Semarang

Khas nya semarang? Ikan bandeng! xD coba googling deh. saya ga sempet moto saking lapernya pas Makan Siang :D dan yang aneh anehnya ada Tahu Gimbal. yang kebayang dipikiran saya itu kaya anak Gimbal di Dieng. :D dan ternyata, rupa rupanya seperti ini

Jadi apa ya ini. hmm.. tahu ada telornya. ada lontongnya. ada kolnya. ada udang goreng tepungnya. ada kerupuk itu. ada tauge nya. di bumbui kacang. :D Enak kok enak. nyam!
Es dureen! nyam! Ada warna pink pink doger nya gitu :D
Kami makan makanan ini di sekitaran Taman KB. Disepanjang jalan banyak orang yang dagang Tahu Gimbal ini. :) *uda cape megang kamera. uda ga motret*

Untuk oleh oleh, bawa Wingko Babat. yuuk di googling rupanya seperti apa :D

Abis kenyang dan menunggu kepulangan ke Jakarta, Adi ngajakin nongkrong di sekitar jalan Pahlawan. Dimana orang orang pada main sepatu roda disepanjang trotoar. Dan menikmati lalu lalang kendaraan di suasana malam kota Semarang. Tenang. 

Percakapan Of The Day

Adi : "Lagi suka denger musik Indie apa?"
Me : "Hivi!"
Adi : "Eh, sama. aku juga uda download di yutub. Ada di henpon? Nyalain dong."
Me : *playing* Hivi! itu uda punya album kali. Uda dijual di Disc Tarra. Beli dong!
Adi : "kamu uda beli? berapaan?"
Me : "Belom. Rp. 50.000,- Mahal!"
Adi : "Segitu bagi kamu harusnya ga mahal dong. Nanti aku beliin kalau kamu ulang tahun. Kamunya ulang tahun aja dulu"

-- dia ga tau, hari itu aku ulang tahun --

Adi : "Asik banget sih bbm an nya. Nge bbm siapa sih?"
Me : *lagi balesin bbm ulta padahal* *masukin henpon* *quality time ngobrol lagi*

*di motor*

Adi : "Udah puas? Gimana Semarangnya?"
Me : "PUAS. seneng. Terimakasih Banyak :)"

karena kemaleman dan uda ngantuk banget, kita berdua ngelindur walhasil kudu thawaf didepan stasiun coba :D

*depan Stasiun*

Me : *nyodorin SIM ke adi* "Jadi sebenernya, hari ini aku emang ulang tahun. Makanya ada disini. Makanya dari tadi sibuk dengan hape. Maap ya."
Adi : *muka kaget* "Eh, Selamat Ulang Tahun ya. Seharian kan sama kamu, jadinya ga Online. Semoga jadi kado terindah yah"

Berpisah. Say goodbye. dan masuk ke Stasiun dengan perasaan capek senang. Dan tambah senang menemukan ini di dalam nya.

Solo kalah telak sama Semaraaanggg wooo!!
 
 

Kembali ke Jakarta sembari senyum senyum menikmati setiap ucapan yang 'ada ada aja' dari temen temen di twitter facebook messages watsapp bbm sms & Telepon. Terimakasih ya Allah yaa buat hari ini nya. Unforgettable! :)

2 comments:

Uith said...

inget waktu pertama kali masuk IRM langsung di lempar ke semarang...dan jalan -jalan sendiri naek becak kek turis bule...ahahahaha,,,

Alaniadita said...

Anak ilang wit? :P