Sunday, July 8, 2012

Akhir Juni Awal Juli di Solo


"Udah dimana?" Isi sms pagi itu ke (yang harusnya) jadi partnertrip aku hari ini. 
"Jangan bilang masih tidur" isi smsku 10 menit kemudian. 
Masih ga ada balasan. aku menarik napas panjang. Membiarkan kereta Api ini membawaku meninggalkan Bandung seorang diri dalam gerbong. Menatap Jendela. Galau. Bingung.
 
Aku turun dari KA Lodaya Pagi, membaca Plang Solo Balapan. Finally, nyampe. Celingak celinguk sendiri. Aku mencari cari colokan di sekitar tempat duduk yang tersedia. Ga nemu. Aku ke mushola. Sekalian menjama’ kan solat. Ga nemu juga. Err.. BB udah matot dari tadi. Di Andro uda nyaris mau matik. Sambil nunggu kabar Bunda Anti yang katanya mau jemput, aku masih berusaha mencari dua buah lubang. Sambil melihat lihat keadaan sekitar. Stasiun yang rapih. (setidaknya dari Stasiun Bandung) :D. aku motret beberapa bagian. 



 

“Umi kapan nyampe Solo?” sebuah sms nyampe atas nama David. Temen seangkatan di Smansa.
“Aku uda di Stasiun. Seorang diri. Celingak Celinguk. Lagi nunggu Jayanti.”  
“Aku ke stasiun ya,” tawarnya, yang langsung aku respon, “iyak, kemari.”
Aku masuk ke rumah makan yang ada colokannya, dengan grusuknya, nyarger andro. Mesen sebotol minuman sebagai basa basi.
“Udah di depan nih mi,” sms bersamaan masuk atas nama Anti dan David. Padahal baru saja aku menyolok hape ini 5 menit. Aku beranjak ke Kasir. 
“Fruit Tea 3000, nyarger 2000” toeng! Aku melihat kea rah kabel chargeran. Ada tulisan CHARGER 2000 dengan tulisan Word Art warna warni. Sialuw! Tau gini, diem di sini 2 jam >.<
Kota kebanggaan Jokowi nih. Stasiun ga ada colokannya. Gerutu ku ketemu Anti di pintu depan. Kemudian menghampiri David. Ah, temen seperjuangan jaman SMA yang kian berisi dan banyak berubah. Secara fisikly secara tata bahasa. Hahahaha. Medok!

“Mau cari penginepan dulu ya . Nih” aku menunjukkan buku travellicious ttg Solo yang aku beli, seminggu sebelumnya. David melihat lihat rute dan Peta nya. Kemudian mengarahkan motornya ke daerah sana. 

Ada satu penginepan, yang sudah aku hubungi sebelumnya. Namanya Mama Homestay. Sekamar 60 ribu untuk seorang dan 80 ribu untuk berdua. Karena murah, maka aku ngotot untuk di antar ke tempat itu.
Diantara gank gank yang lumayan serem. Kita berenti di sebuah rumah bertuliskan Mama Homestay.

“Permisi Mba, ada kamar kosong?”
“Uda reserved?” tanyanya. Aku menggeleng. “Penuh Mba. Coba ke Cakra. Dua gank dari sini.”  

Cakra Homestay. Sebuah plang di ujung jalan. Cakra juga sebenernya ada di rekomendasi di buku panduan ‘solo’ ku. Cuma ketika nomernya di hubungi, salah sambung :| ini ya kali yang namanya Jodoh ga kemana. Aku dapet kamar seharga 125 ribu/malem, dengan kamar mandi di luar.

Setelah naruh barang, kita bersiap mencari makan malam! Karena lagi pengen makan yang pedes. David ngajakin kita makan di Sampel Spesial. Yang pernah aku makan di Depok. Sambil celita celita mengenang. #tsahh! 

Abis makan nasi, aku di ajakin ke warung jagung pinggir jalan gitu. Khas nya katanya Jagung Naga. Pesenlah yeken. Daaaann, itu mah bukan jagung di kasih cabe. Tapi Cabe yang dibumbui jagung. Aseli pedesnya. Ampun dan menyerah!  Sepotong jagungnya Cuma 3.000,- ada sosis seharga 1.500,- (padahal setiap beli sosis, d bandung, 10.000,- - 15.000,-) keluar deh kampungannya dengan harga serba murah ini. 

Tyo yang selepas makan malem menjadi partner di Motor mengajakku mengelilingi Kota Solo. Berdampingan dengan motornya David yang membonceng pacarnya, kak ros :') tyo, teman sepanjang perjuangan 3 tahun di SMA. Ga pernah sekelas. Ga pernah berbincang. Menjadi teman asyik dalam menjawab pertanyaanku tentang Solo malem itu. Sedikit menjelaskan jalan jalan besar. Gedung gedung bagus. Biaya hidup dan lain lain tentang Solo. Sebelum kembali ke Penginepan, aku minta di anterin ke tempat yang banyak cewe cewe nakalnya. Xixixi. Dan ga nemu! :p

Potret Homestay malem emang rada rada bikin merinding. Bahkan kata agung, doi sempet denger suara gamelan, ketika memasuki kawasan ini pukul 1 pagi. Err.. tapi pemandangan paginya. Luar biasa! 

 
 
 
 
 

Jadi, dalam buku travellicious itu, Cakra ini adalah homestay yang jadi pilihan backpacker bule bule. Ga heran sih, selama kita 2 malem di sini, bule nya banyak aja. Harganya beragam, ada yang ber AC dan kamar mandi di dalem. tapi ya, karena kita anak kostan, ngambil kamar mandi luar juga gpp. 

Colokan di dalam kamar cuma 1, yang di pake untuk kipas Angin. kalo uda malem, galau deh mau nyolok kipas angin atau nyolok nyarger. manusia urban. fakir colokan. :D 

Untuk ukuran homestay, kita tidur di atas spring bed, not bad lah. nyaman untuk ditiduri setelah seharian keliling2. Lingkungannya bergaya rumah saudagar batik kuno, banyak kombinasi kayu pada bangunannya. Ada ruangan untuk latihan gamelan. Aku sempet beberapa kali melihat orang latihan nari Solo juga. :) 

Halo Solo, The Spirit Of Java! 

Tagline The Spirit Of Java konon pemberian Jokowi yang bermakna bahwa solo adalah kota yang menjadi jiwanya budaya jawa. Solo salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki banyak warisan budaya dunia yang diakui UNESCO. Pernah dapet penghargaan Indonesian Best Destination dari Indonesia Tourism Award 2009. Disuatu kali nyeplos dengan polosnya ke tyo, “eh yo, itu tulisan kaya arab di bawah nama jalan itu, bahasa Thailand ya?” dan di jawab dengan penuh kemenangan dan tawa menghina, “Itu tulisan jawa umii.” Saya terdiam. Malu.  

Pertama ngider aga heran, terkadang masih banyak tempat tempat yang menulis dengan Surakarta bukan Solo. Nguping nguping penduduk, ini tempat kerjaan Kartasuro dengan Solo sebagai Desa. Dan sekarang yang lebih terkenal malah sebutan Solo nya. 

Kata orang, Solo itu kota Panas, seperti Semarang dan Yogyakarta. Saya sempet berniat nyari penginepan ber AC. Dan pas turun dari kereta, hawa sejuk yang saya dapatkan, membuat saya merubah pikiran. Kipas Angin sudah cukup. 

Tapi katanya partnertrip saya a.k.a mas david dan mas tyo. Solo sekarang emang lagi dingin dinginnya. Malem Solo itu kaya Malem Bandung. Saya benar benar menyesal, ga bawa jaket. :D   

Disini ada Pasar Klewer yang sekelas Tanah abang Jakarta dan Pasar Baru Bandung. ada PGS (Pusat Grosir Solo) dan Beteng Trade Center (BTC) pusat pusat batik gitu. harga miring. dan nawar harus medok bahasa jawa. biar murah. xixixi. 
 
 
 
 
 

 

 
 
 

 

 
Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat
Ini tempat kedua yang kami kunjungi hari ini, setelah Batik keris. Batik batik yang harganya ratusan ribu :D yang dekat sekali dengan homestay. Bisa di tempuh Jalan kaki. Tapi karena ada motor, yaa.. Naik motor dong kita :p 

Ini adalah keratin tempat tinggalnya Paku buwono II pada tahun 1744. Masih ada hubungan saudaraan sama Paku buwono I yang ada di Yogyakarta. *nguping guide keraton* 

Masuk ke area Keraton, harus berpakaian sopan dan bersepatu. Maka, ketika itu kita semua bersendal. Dan harus nyeker! Yuk mari. Pemandangan utama di sini banyak pohon gede gede beralaskan pair laut. Lembur lembut sejuk. 

Kita bisa lihat panggung Sanggabuwana. Bangunan ini didirikan pada tahun 1782. Mitosnya, bangunan ini menjadi tempat pertemuan antara raja dengan kanjeng ratu kidul, penguasa laut selatan dalam mitologi Jawa.
Selain panggung, ada museum nya juga, ya Standart museum2 yang pernah saya masukin. Ada dewa dewa. Eh iya, saya baru tahu kalo lambang ITB; gajah duduk, ada sejarahnya dalam museum di sini. Melambangkan Ilmu Pengetahuan. Pantesan yak :D 

Lingkungan keraton ini bersih. Paling bersih lah dari museum museum yang pernah saya kunjungi. Ada guide nya juga. Ada yang berbahasa jawa full. Ada yang menggunakan bahasa Indonesia. Kita sih, selaku mahasiswa, nebeng guide sama rombongan ibu ibu. Xixixi. 

Masuk ke kawasan ini, setiap orang dikenakan biaya 10 ribu rupiah. + 3.500 untuk motret. 

 
 
 

 
 

Pasar Antik Triwindu

Suka liat awan pas ngunjungi pasar ini. Loh? Malah suka awannya :D namanya juga pasar antik, isinya benda benda antik. Hm.. kalo di Bandung sih kaya Barang Bekas (BABE) tapi di Solo dikemas lebih tradisional gitu deh. Jadi berasa pasarnya. #eh?

 
 

 
 

Solo Batik Carnival (SBC) 

Ajang taunan nya kota Solo. Menampilkan karnaval ala Rio De Janeiro Carnival di Brasil. Kostum dominan batik nan glamor nan atraktif ditampilkan pesertanya. Busananya wah wah. Dan berasa ribet ngeliatnya. :D
Seneng bisa ikut andil dalam ajang taunan nya Solo :) berbaur sama nyaris seluruh masyarakat sini.

 
 
 
 
 
 

 
 
 
Ngarsopuro (Nite Market) 

Ngarsopuro adalah kawasan baru yang disiapkan Pemerintah Kota Solo menjadi kawasan andalan layaknya Malioboro di Yogyakarta. Kawasan ini berada di sepanjang jalan Dipenogoro, tepat di depan PUra Mangkunegaraan. 

 
 
 

FRIENDS ALONG THE WAY

Tadinya trip ala backpack ini bakal aku laluin berdua bareng si babang. Tapi, tengs god, di Solo nemu David nemu Tyo, yang nyediain transportasi (Subhanallahnya, itu pun bukan motor motor mereka. Yang dateng tiba tiba ke penginepan tanpa aku minta). Yang karena motor2 mereka, kita bisa mengelilingi Solo dari pojok ke Pojok. Kendaraan umum kaya angkot di Solo hanya beroperasi sampe jam 6 sore. So, beruntung banget ga aku bisa kelayapan sampe jam 1 pagi di kota orang :D



 
 


tengkyu mas agung, mas david, mas tyo  mau nemenin si bocah ini kenal kota Solo: tengs to being a great travel buddy! :)

Alhamdulillah, dalam 3 hari bisa ngunjungin kegiatan harian, mingguan dan tahunannya Solo :-) 

No comments: