Monday, January 5, 2009

Libur Natal dan Taunn Baru guee.

maapmapp yaa lama postingg !
hal ini dikarenakan ,

1. gue kebablasan nge-post tentang mudigg guee kemaren. padahal kann gue mau diemdiem.
so, selama liburan gue menahan diri buat ga ngepost. hhhe.

2. lagi ad trouble jaringan internet dirumaa gue. which is gue musti ke warnet kalo pengen nge-Net.


okee, inilahh diaa conference pers dari guee. ('gayaa niaan')
mudigg gue di natal ini sangat diluar rencana.
untuk kedua kalinya bokap gue ditugasin kantor buat ke bandung. *bokap gue kerja di TELKOM.
beliau ke Bandung di minggu terakhir gue kuliaa sebelum libur Natal + Tahun Baru.

Nah, tiba-tiba gue kepikiran untuk 'ikut' pulang ke batam. secaraa bertepatan dengan bokap gue pulang
gue juga libur kuliaa. kenapa ga skaliaan?!

akhirnya gue bujuk-bujuk lah, sambil mengemis-ngemis (najis!) gue minta pulang .
eh, bokap malah di bawa pikiran . (padahalkan, kalau ga ad duit mah, beliau tinggal bilang, gbisaa)

akhirnyaa, kita (bokap, gue, kk gue) mengadakan rapat kecil-kecilan. dengan materi, kita pulangg naik apa?
agak meyakinkan gue bilang , "naik kapal aja, non-seat gpp lahh. yang penting pulangg"

hm. bokap mulai tertarik. beliau menghubungi salah satu travel di bandung.
naik kapal ekonomi/ non-seat tarifnyaa Rp. 290.000,-/orang.
sedangkan pesawat, bandung-batam tarifnya Rp. 870.000/orang.

dipikir-pikir lagi 3 tiket kapal laut nyaris = tiket pesawat 1 orang.
bismillahirrahmanirrahim, akhirnyaa bokap membeli 3 tiket kapal laut. yakyakyak. gue uda seneng mampus
aja.

dua hari sebelum keberangkatan, gue ngerasa jiwa gue uda di batam. bawaan gue uda senyumsenyum
aja di kampus. temen gue sampe nyeletuk "lu senang banget yaa?" dengan muka mengharu-biru gue berujar
"pastinyaa" sambil menitikkan air mata. GAK DENGG !

kapal ini berangkat malem minggu dari tanjung priok jam sebelas malem. dan nyampe di Kijang,pelabuhan Bintan
minggu malemnya. *kapal ke batam, udah penuhh.

malem sabtunya, gue masih sibuk ngerjain tugas yang bakal dikumpul hari sabtu. gue pikir, gue bakal
kulia dulu. trus berangkat dari bandung, sabtu sore.
tiba-tiba bokap bilang, kita berangkat dari bandung sabtu shubuhshubuh dongg! dengan kekhawatiran, ga
ad bus yang ke tanjung priok.

tugas gue, gue titipin ke pacar semata wayang gue, ummul. hhe.

shubuhshubuh, bokap miscalled2 gue (gue + teh sinta tidur di kamar ummul, bokap dikamar gue). kita disuru
siap-siap. dan hal yang ga pernah terjadi sebelumnya, gue mandi dongg! jam 5an. Mandi Jam 7an di bandung
ngebuat gue sukses menggigil apalagi jamm 5 gni. hhyaa!

dari kosan, kita naik angkot riung dago sampe DU. dari situ kita naik Bus Damri Dago-Leuwipanjang.
di Leuwipanjang kita naik Bus Primajasa Bandung-Tanjung Priok.

u know? kita nyampe jakarta jam sebelas pagi. ya allah! ya allah! ya allah! kapal kita jam sebelas malem.
mau ngapain ni 12 jam? mau jalan-jalan, kita pada gatau jalan. alhasil, kita diem . krikkrikmoment selama
12 jam. mampuss deh.

dari terminal tanjung priok kedalem pelabuhan musti naik ojekk.

ini keadaan dimanaa kita menunggu selama 12 jam. uda kayak PENGUNGSI !



yang parah di tempat ini.

1. Setiap kita ke WC, mau BAK atau mau Wudhu kita musti beli air untuk cebok seharga Rp.1000,-/botol aqua
ukuran 1,5 Liter.

gue disitu, sholat dhuhur, ashar, maghrib, isya untuk wudhu aja= 4.000 belum lagi kalau gue pengen pipis.
bayar lagi ! alternatifnyaa, sholatnyaa gue jamak. mau SHOLAT AJAA BAYAR! pembelajaran buat gue, KALAU
perjalanan jauh, jangan lupa pake PEMPERS !

2. mau nge-charge HP, bayar Rp.5000,- untuk listrik.
dahsyat banget nih! bokap gue ngeliat ada terminal listrik, beliau dengan semangat ingin nge-charge hp nya.
dengan lunglai ia berkata, "nge-charge bayar 5.000,-"
alternatifnya, beliau nge-charge di mushola dongg ! Gratis ! tis ! Mushola emang penuh dengan kedamaian. hhehe.
pembelajarannya, kita musti buat aliran listrik dalam tubuh kita, tarr tinggal kita colok aja ke idung.
penuh deh batree hp. hhyaa!

3. Harga Mie-Ayam seporsi Rp. 8.000,-
perkara kita butuh makan malem, makan sore. gue + teh sinta nyari makan disekitar pelabuhan.
si sinta tertarik untuk makan dengan mie ayam. seporsi nyaa 8.000,-
alternatifnyaa, ga ad! makan ga boleh di irit-irit.
pembelajarannya, gimana hanya dengan kuah kita bisa kenyangg? jadi tar kalo ke tukang mie ayam,
kita bilang "beli kuahnyaa aja , mang!" azeek !

jam 9an, kapal memasuki pelabuhan. dilihat dari luar sih, bagus.
layak berlayar. sepintas mirip kelud lah.
gue naik kapal kali ini, setelah 7 tahun gue ga naik kapal.
kita naik dengan hati riang gembira. nyampe di dalem, "anjrooott ! ni kapal sumpek banget!" *BT sesaat.
bahkan buat tidurpun, kita musti beli tempat dongg ke porter2 disitu, 20.000,-. PEMERASAN!
mending kalau tempatnya nyaman. sumpek. asep rokok. bau. sumpaa yaa ! gue paling gabisaa keadaan ky gni.
dan gue musti bertahan disini selama 24 jam! ga kebayang !
air laut dari jakarta emang ga enak. bikin mual. pengen muntah. ngebuat gue bolong solat shubuh!
dzuhur, gue solat. dan gue menemukan kedamaian di mushola. mushola emang penuh dengan kedamaian.
sejuk. enaklahh pokoknyaa.



kalian pasti kasiann, bukann? hiks

gue ajak teh sinta buat ngadem di mushola. bahkan tidur malem ntu pun, kita di mushola.
sampe jam sebelas malem,kita kudu balik ke dek. musholanyaa uda sepi. takut kenapakenapa.

jam 6an, kapal merapat dipelabuhan kijang. siap-siap turun.
sepatu teh sinta eh sepatu gue yang dipake teh sinta, ilang sebelah.
ancur lagi.
*Barang Bukti






kita turun dengan merdeka . naik angkot lagi . ke pelabihan bintan.
melanjutkan perjalanan naik feri ke batam. hhoaam!

di perjalanan kali ini gue cukup memanfaatkan transportasi indonesia.
mulai dari angkot dari kosan. trus bis dalam kota, bis antarkota,
ojeg, kapal laut, angkot(lagi), feri, dan akhirnya mobil (untuk kerumah gue).

hal lainnya,
gue semakin sayangg sama bokap gue.
karena rasa sayangnya beliau sama anak2 gadisnyaa, kami di ajak pulang.
(walaupun dengan kondisi keuangan yang pas-pasan)
selama di kapal, gue sama kk gue yang senantiasa mengeluh. yang kerjaannya tidur aja.
beliau sama sekali ga pernah mengeluh. sabar banget!
dan gue akan selalu sayang padamu, ayahku !
selamanyaa..

1 comment:

Lilies Her. said...

penuh perjuangan mii. .
tapi curaaang !!
uda nyampe batam ga bilang !!
ngakunya pas YMan malah masi di bandung !!
weww. .umii !!